comments 51

Cara Daftar Domain .sch.id

Ini cerita saya kemarin, yaitu tentang ribetnya membuat doman .sch.id, ternyata membuat domain dengan ekstensi .id khususnya .sch.id memang susah susah gampang. pasalnya mendaftar domain dengan ekstensi .id (indonesia) membutuhkan dokumen dokumen resmi yang harus benar benar valid. sebagai contoh saya kemarin yang mendaftarkan nama domain untuk salah satu sekolah SMK di ngawi. beberapa dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Scan KTP asli
  2. Surat Permohonan Kepala sekolah (bisa scan /  file format pdf).
  3. Scan Surat Kuasa dengan Materai 600 yang di tandatangani kepala sekolah dan cap stempel.

Langkah yang pertama, kita harus punya id atau akun di situs pandi, untuk mendaftar silahkan kunjungi http://register.pandi.or.id untuk proses pendaftaran. nah, dalam pendaftaran ini, scan KTP di butuhkan. setelah semua form telah di isi, lalu kita harus menunggu konfirmasi untuk pengecekan scan KTP yang kita gunakan tadi, apakah identitas kita valid atau tidak, jika sudah di setujui oleh pihak PANDI maka akun kita akan aktif dan akan ada pemberitahuan ke email anda.

Pendaftaran Pandi
Pendaftaran Pandi

Setelah akun anda aktiv, silahkan login dengan id yang sudah terdaftar tadi. kemudian klik menu pendaftaran domain dan ketikkan nama domain yang ingin anda daftarkan.

Daftar domain Pandi
Daftar domain Pandi

Kemudian klik next jika domain yang anda pilih “Tersedia”

Setting Domain
Setting Domain

Kemudian silahkan di isi sesuai kebutuhan anda, name server di sesuaikan dengan name server hosting masing masing. dan durasi silahkan di sesuaikan pembayaranya, bisa per 1 tahun, atau 2 tahun. kemudian klik konfirm.

Setelah langkah seperti di atas, nanti akan di minta 3 file untuk validasi, yaitu scan KTP / Valid Id (sudah di upload saat pendaftaran, jadi tinggal pilih saja, tidak perlu upload lagi), Surat permohonan kepala sekolah, dan Surat kuasa dari sekolah. Berikut Contoh contoh File tersebut:

Surat Permohonan Kepala Sekolah
Surat Permohonan Kepala Sekolah
Surat Kuasa
Surat Kuasa

Lalu tinggal tunggu validasi dari pihak pandi, jika semua dokumen valid dan sudah di setujui, maka akan ada konfirmasi lewat email beserta tagihan. lalu tinggal bayar taghan lewat transfer bank. dan konfirmasi kepada admin pandi. makan domain anda akan aktif dan dapat di gunakan. :D

51 Comments

  1. Kalau untuk .AC.ID gimana yah mas? Masih seperti itukah? Nah, kalau untuk perpanjangan domain apakah masih seribet itu yah? Susah klo ngurusnya seabrak kaya gitu mas… :d ada pengalaman domain .ac.id gak mas?

    • kalo ac.id kan sesuai persyaratanya masing masing.. tertulis jelas kok mas di pandi.. apa aja dokumen2 yang di butuhkan.. :D

      kelihatanya sih lebih ribet. soalnya tingkatanya lebih tinggi ketimbang sch.id. :D

    • saya bisa pak membantu anda, biaya di sesuaikan, tergantung permintaan. kalau biasanya di tempat khusus pembuatan website bisa mencapai 1-2 jt. tapi kalau dengan saya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan bugdet. :D

    • Sekarang pendaftaran di pandi sudah di tutup. Saat ini bisa mendaftar di situs domain lain. seperti dracoola.com rumahweb, masterweb, dan lain lain.

      persyaratanyapun lumayan lebih longgar.

  2. ayu

    kalo boleh tau sekarang kalo buat sch.id syaratnya apa aja ya?? apa masih kaya dulu??
    kalo sekarang ga lewat pandi misalkan di situs rumahweb caranya gmn ya??

    • Sekarang pandi tidak menerima register / perpanjangan lagi. Sekarang bisa menggunakan jasa reseller / penyedia jasa lainya.
      Biasanya saya ke dracoola.com

      untuk sch.id persyaratanya sebagai berikut ini:

      – KTP/SIM/Paspor (masih berlaku)
      – Surat Permohonan Kepala Sekolah.
      – Surat Kuasa

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *