comments 102

Cara Install Custom ROM Android dengan CWM

Cara Install Custom ROM di android ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya (dah kayak sinetron aja yah ada kelanjutanya), sudah baca belum? kalau belum harap di baca dulu yah, soalnya tutorial ini juga harus bisa / minimal faham tentang CWM (baca di sini). Mengapa anda saya haruskan membaca tutorial sebelumnya (Install CWM) ??, karena cara install rom di android memang di sarankan menggunakan CWM Recovery karena ada fitur backup dan restore ROM asli dari android yang sekarang mau di hancurkan oprek.

Sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat apa itu Custom ROM, Custom ROM adalah sistem operasi / firmware handphone tertentu yang sudah di modifikasi, biasanya sudah di edit baik dari segi tampilan, sistem, aplikasi, tweaking, dan lain lain. dari pengalaman beberapa teman dan pengalaman saya sendiri tentunya, penggantian ROM android bisa lebih menghemat baterai jika pas / cocok dengan handphone kita. kelebihan dan kekurangan dari rom tergantung dari si pembuat / modifcator ROM masing masing.

Persiapan


Setiap percobaan di usahakan di persiapkan dengan matang dan teliti, biar tidak kebingungan nanti pas lagi serius seriusnya malah baru nyari bahan / perlengkapan, kan jadi repot tho.

Bahan bahan yang perlu di persiapkan yaitu:

  1. Ponsel Bersistem Operasi Android (nggak perlu di sebutkan sebenernya :)) )
  2. ROM (Read Only Memory) / Kalau istilah di android adalah Sistem Operasi atau si android itu sendiri, silahkan cari dan download sesuai Merek dan Type Handphone masing masing, di usahakan harus sama ya, soalnya beda type HP kadang hardwarenya pun berbeda, so harus di samakan. File ROM bisasanya berformat zip yang berisi file file yang nantina di suntikkan / di masukkan ke ponsel kita.
  3. Ponsel sudah terinstall CWM Recovery, Kalau belum silahkan di instal dulu (baca di sini)
  4. Keberanian / Nyali (jangan takut rusak, masih ada service center ;)) )
  5. DWYOR (Do With Your Own Risk) / Resiko di tanggung penumpang ;))

Langkah Installasi Custom ROM di Android


Hmm, oke mari kita hajar si robot hijau (android) biar makin kenceng dan makin ganteng tampilanya dengan memasang ROM baru.

  1. Download Custom ROM dan sesuaikan dengan Merek dan Type HP anda, jangan sampai keliru dengan ROM HP lain, nanti malah tidak bisa menyala. silahkan search di google atau di forum forum android sudah banyak yang share Custom ROM.
  2. Setelah ROM di download, sebelumnya lihat fitur fitur ROM tersebut, apakah sudah sesuia keinginan anda atau belum, pokoknya hati hati deh memilih ROM.
  3. Copy ROM yang akan di install ke Memory Card / SDcard Handphone kamu, bisa lewat kabel data / Card Reader.
  4. Backup semua data data penting sepeti contact, sms, dan lain lain. bisa menggunakan Titanium backup (belum punya? cari di google / play store)
  5. Matikan Handphone kamu.
  6. Kemudian masuk CWM Recovery biasanya dengan menekan tombol volume down / – bersama dengan tombol power, tunggu sampai muncul menu Recovery si CWM.
  7. Backup dulu ROM kamu, buat antisipasi kalau rom tidak cocok. caranya masuk menu backup and restore pilih backup.
  8. Pilih Menu wipe data/factory reset
  9. Pilih menu wipe cache partition
  10. Pilih menu advanced dan pilih Wipe Dalvik Cache
  11. Kemudian pilih Rom camu dari sdcard tadi dengan cara pilih menu install zip from sdcard lalu choose zip from sdcard nah, silahkan pilih ROM yang sudah kamu download dan kamu letakkan di sdcard tadi, jangan sampai salah pilih file yah ;)).
  12. Tunggu sampai proses selesai, tidak memakan waktu lama kok, paling cuma beberapa menit.
  13. kalau sudah selsesai dan tidak terjadi error, silahkan pilih menu reboot system now maka android akan restart dan menyala dengan sistem operasi baru, untuk startup pertama biasanya agak lama, anggap saja sedang menyesuaikan sistem yang baru.

Nah, silahkan lihat hasilnya, sudah puas belum dengan system yang baru, kalau belum silahkan nyari Custom ROM sesuai yang di inginkan. sekadar pemberitahuan, dalam praktek ini saya menggunakan Handphone Andromax smartfren, jadi mungkin ada perbedaan waktu masuk recovery mode / CWM, jadi cari sendiri cara masuk recovery mode sesuai type handphone masing masing yah.

Untuk Pengguna Smartfren Andromax, ada bonus nih buat kalian ni ada beberapa Custom ROM yang pernah di coba oleh pengguna Andromax:

Kumpulan ROM / Custom ROM Smartfren Andromax (Generasi Pertama)


Ini adalah beberapa Custom ROM yang udah di test di handphone Smartfren Andromax:

  1. Annoresta ROM | Download | Detail
  2. ROM AdroMaxi | Download (Saya Menggunakan ROM ini di Andromax)
  3. ROM DroidMax | Download | Detail 
Untuk Info tentang Andromax silahkan Join di Group Facebook di sini semoga bermanfaat bagi teknisi android sekalian, hehhe. see you next post..

102 Comments

  1. Fadli

    Gan,kalo misalnya hh udah d root itu udh pasti terinstall cwm kan?

    Nah,install costum-rom nya caranya sama ky intall cwm nya itu sendiri,kan?
    *pgen install costum-rom tp msh ragu.

  2. Fadli

    Klo dr keadaan reboot d tekan power + vol.down itu masuk cwm mode,kan?
    Berarti udh keinstall cwm klo bgtu?

    Trus klo misalnya rom yg bru udh keinstall, data yg d sdcard kehapus ga,gan?

    *sory…msh newbie masalah android…

    • power + vol down: masuk recovery mode. sedangkan recovery mode itu bawaanya android sudah ada (minim fitur), jadi recovery mode harus di ganti dengan modifan atau biasa menggunakan CWM itu sendiri. kalo recovery modenya udah ada tulisan clockworkmod itu berarti sudah di gnti CWM.. :D

  3. Fadli

    udh berhasil install xtr6,gan.
    Makasih tutornya.
    Tp ada sdikit masalah.
    Aplikasi yg sdh sy install d sdcard g ada.
    Pdhal d sdcardnya ketrgnnya udh kepake 1,1gb.
    Gmana solusinya ya.

  4. Gan.. Numpang nanya nih..
    Kalo Misal HH usah terinstal ROM NeoxZ trus mau di ganti ke ROM yg lain..
    Itu Langsung instal aja di CWM nya Yg ROM baru ..?? apa yg NeoxZ di uninstall dulu?? Cara Uninstallnya gimana?? Sebelumnya makasih gan infonya.. :D

  5. arief rs

    kl udah step stock recovery (cwm temporary- su – cwm permanent) kan pasng rom, kok sy psng rom untuk andromax c sy -ics, susah ya aborted mulu, psngnya yang odex error ,gmn dong?

  6. ane udh bisa bisa ganti dengan custom andromaxExperia,tapi aplikasinya ilang semua (termasuk aplikasi kartu memorynya[sd-card] gk ada) jadi gk bisa buka file di SD-card -_- cara balikin awal gimana?

  7. sabil

    kang maaf nih oot, mw tanya max T ane selalu masuk cwm trus wipe data selalu aborted, mau install pasti aborted trus langsung mati, inti’a selalu masuk cwm dan langsung mati, minta solusi’a kang

  8. anam

    mohon info, jika ingin mengembalikan app smartfren yg orginal bagai mana? karna smart fren saya terinstal app samsung galaxy 3,
    Terimakasih sebelumnya.

  9. sis

    Ko di menu recovery mode g ada wipe dalvik dan advan ya? Diklik di wipe cache partition atau klik yg lain knapa g fungsi atau g ada perubahan. Trims jawabanya

  10. rainer

    Gan kalo andromaxku udah mau aku install cusromnya tapi pas dinstall selesainya cepet bgt abis di reboot romnya masih tetep tuh gimana cara ngatasinya gan makasih

  11. Rifqi Ahmad Reza

    Gan kok ROM nya gk nambah yaa?? Sorry Telat ya hehe udh 2 tahun yg lalu nih blog ya? :v kan katanya nambahin ROM tp kok ROM saya Max E860 gk nambah? *newbie

  12. Habib

    Gan tolong bantuannya hp aku young 1 kemaren aku instal kernel savie sama ext manager aku ikuti langkah langkah dari campuran blog tapi gagal gimana cara mengatasinya tolong bantuannya

  13. Vida nurcahya

    Mau nanya nih tau gk hp ku ini software ny rusak kaya ny udh gk bisa masang aplikasi lgi . Trus pas mau buka google play malah ada bacaan kya gini (kesalahan saat mengambil informasi dari server [RH-01]). Begitu gan

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *