Buah Yang Unik, Jeruk Mirip Pepaya

Mungkin bagi yang belum tahu buah ini, judul di atas terdengar aneh. bayangin aja :-? , jeruk kok mirip pepaya?? jeruk ya jeruk,, pepaya ya pepaya.
tapi mungkin setelah melihat buah ini langsung pasti sobat akan berdecak kagum atau keheranan ;)). soalnya bentuk spesies ini sangat aneh sekali. bentuknya mirip pepaya, kulitnya kulit jeruk, ada daging pepayanya, ada bulir jeruknya, ada biji jeruknya.

Sebenernya saya sudah tau buah ini sejak dulu, soalnya tetangga saya punya tanaman yang unik ini. dulu di kira rasa buah jeruk ini enak, jadi tetangga saya menanam pohonya banyak banyak, tapi setelah beberapa lama dan berbuah, eh ternyata rasanya enjak enyak (tidak enak) ;)). dan akhirnya pohonya cuma di sisakan satu pohon saja =)) karena kecewa… “Yo nggo duwen duwen” (Ya cuma buat sekedar punya saja) kata tetangga saya ketika saya tanya kenapa masih di sisakan satu pohon saja.

Dan baru baru ini saya iseng iseng japrat jepret memfoto jeruk unik tersebut dari rumah tetangga saya, berikut penampakanya:

Jeruk Pepaya (Jerpaya)

Jeruk Pepaya (Jerpaya)

Jeruk Pepaya (Jerpaya)

Jeruk Pepaya (Jerpaya)

*Gambar gambar di atas asli milik saya sendiri .heheh ;))

Belakangan saya ketahui namanya adalah Jerpaya atau singkatan dari Jeruk dan pepaya dengan nama latin Citrus medica var. proper L.
dan berikut detail Klasifikasi dari spesies tersebut yang saya kutip dari situs Plantamor:
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus: Citrus
Spesies: Citrus medica var. proper L.

Dan katanya juga ada manfaat obat lho dari beberapa bagian tumbuhan tersebut, contohnya daunya bisa di gunakan untuk menurunkan tensi darah. kebetulan yang punya tanaman tersebut (tetangga saya tadi) ada salah seorang keluarganya yang memiliki sakit darah tinggi, entah kata siapa dan anjuran siapa, dengan merebus daun jeruk tersebut dan di jadikan wedang (minuman panas) konon katanya dapat menurunkan tensi (walaupun belum ada fakta yang mendukung).

Salam jeruk =)) ;))