Membuat Hotspot Di Linux Ubuntu

Siang ini kebetulan paket internet Android saya sedang habis, jadi si robot hijau sedikit kehilangan kepintaranya. Seperti orang bilang, Android tanpa internet sama aja bohong :D. Yang tadinya Smartphone sekarang tinggal Phone aja, yang cukup bisa di gunakan untuk telfon dan SMS. Dan malangnya pulsa untuk telfon bahkan SMS saja tidak tersisa, nah sekarang si android di sebut apa donk? Konsol game? Ahh.. bisa jadi. Tapi sayang juga, kebanyakan game yang saya install adalah game online, jadi butuh internet. Jadi… Ah sudahlah..

 

Teringat dengan paketan modem laptop yang masih 1 Giga, jadi lumayan lah bisa di share ke Android. Kebetulan dulu juga pernah share internet dari laptop (Linux) ke Android. Mungkin anda juga sudah pernah melakukanya, atau anda juga lebih familiar dengan Connectify? Sayangnya aplikasi Connectify berjalan di Windows dan berbayar pula. Dulu pernah juga share internet dari Laptop (Windows 7) ke Android menggunakan connectify tapi sekarang di laptop saya sudah tidak ada Windows nya, soalnya belum bisa beli yang Asli hehe.

 

Dan sekarang OS yang saya gunakan adalah Kubuntu 14.04 (baru release beberapa hari yang lalu), lalu kalau di linux kira kira butuh aplikasi apa saja ya. Yuk simak bareng bareng tutorial membuat hotspot di linux untuk di share ke android.

1. Chek Hardware

Buka terminal dan masuk sebagai super user. dengan cara membuka terminal dan ketikkan perintah

sudo -i
Chek kebutuhan hardware wireless anda, apakah support untuk dijadikan wireless Access Point apa tidak. Caranya dengan mengechek menggunakan perintah di bawah ini di terminal.
lspci -k | grep -A 3 -i "network"
pastikan pada **Kernel driver in use** adalah ath9k atau ath5k karena hardware dengan driver ini yang support di jadikan access point. ## 2\. Install Software Jika pada step pertama hardware anda lolos uji ITP dan IPB maka anda dapat melanjutkan pada step yang kedua ini, yaitu proses installasi software yang di butuhkan. Software yang kita butuhkan adalah hostapd dan dnsmasq yang biasanya sudah tersedia pada repository dan dapat di unduh secara gratis. Harap di ingat, dalam proses kali ini saya menggunakan Distro Linux Ubuntu, jadi perintah perintah di terminal mungkin ada sedikit yang berbeda, jadi bagi pengguna distro linux lain (Mis: openSUSE, Fedora, Archlinux) harap menyesuaikan.   Untuk menginstall paket yang di butuhkan kita menggunakan perintah di bawah ini pada terminal.
sudo apt-get install hostapd dnsmasq
Tunggu Proses Installasi selesai. ## 3\. Stop Service Pada langkah ini kita akan menghentikan dan men-disable service hostpad dan dnsmasq. Jadi service akan di gunakan pada saat kita membutuhkanya saja. Lakukan perintah berikut pada terminal.
sudo service hostapd stop
sudo service dnsmasq stop
sudo update-rc.d hostapd disable
sudo update-rc.d dnsmasq disable

4. Buat Konfigurasi dnsmasq

Selanjutnya adalah membuat file konfigurasi pada kedua aplikasi tersebut. Pertama kita membuat konfigurasi dnsmasq, aplikasi ini kita gunakan sebagai DHCP server, yang berfungsi memberikan IP addres kepada client yang tersambung ke Hotspot kita nantinya.

Buka file konfigurasi dnsmasq menggunakan text editor kesayangan anda (mis: gedit, nano, vi, geany), di sini saya menggunakan gedit.

sudo gedit /etc/dnsmasq.conf

Copy dan paste script konfigurasi di bawah ini pada akhir baris file /etc/dnsmasq.conf

# Bind to only one interface
bind-interfaces

Choose interface for binding

interface=wlan0

Specify range of IP addresses for DHCP leasses

dhcp-range=192.168.150.2,192.168.150.10
anda dapat menentukan range IP yang akan diberikan kepada client, anda dapat mengubah parameter dhcp-range.

5. Buat Konfigurasi hostapd

Selanjutnya kita akan mengatur konfigurasi hostapd, di sini meliputi konfigurasi Nama SSID (nama wifi) dan juga menentukan password. Seperti langkah 4 kita buka file konfigurasi nya menggunakan perintah seperti di bawah ini.

sudo gedit /etc/hostapd.conf

Tambahkan script konfigurasi seperti dibawah ini.

# Define interface
interface=wlan0

Select driver

driver=nl80211

Set access point name

ssid=myhotspot

Set access point harware mode to 802.11g

hw_mode=g

Set WIFI channel (can be easily changed)

channel=6

Enable WPA2 only (1 for WPA, 2 for WPA2, 3 for WPA + WPA2)

wpa=2
wpa_passphrase=123456789
yang perlu anda ubah adalah ssid dan wpa_passphrase, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.

6. Membuat Script Executor

Selanjutnya adalah membuat script untuk mengexecute kedua program tersebut secara bersamaan, sebenarnya bisa dilakukan dengan manual, tapi karena terlalu banyak parameter jadi sebaiknya menuliskan perintahnya dalam sebuah script. buatlah file dengan nama bebas misalkan startwifi, mulaiwifi, dan lain sebagainya. Tentunya menggunakan terminal dan text editor kesayangan anda.

sudo gedit /usr/bin/linkstart

Disini saya menggunakan linkstart, jika anda penggemar anime Sword Art Online pasti anda tahu perintah yang satu ini. Heheh. Isikan script seperti dibawah ini pada file tersebut.

#!/bin/bash

Start

Configure IP address for WLAN

sudo ifconfig wlan0 192.168.150.1

Start DHCP/DNS server

sudo service dnsmasq restart

Enable routing

sudo sysctl net.ipv4.ip_forward=1

Enable NAT

sudo iptables -t nat -A POSTROUTING -o ppp0 -j MASQUERADE

Run access point daemon

sudo hostapd /etc/hostapd.conf

Stop

Disable NAT

sudo iptables -D POSTROUTING -t nat -o ppp0 -j MASQUERADE

Disable routing

sudo sysctl net.ipv4.ip_forward=0

Disable DHCP/DNS server

sudo service dnsmasq stop
sudo service hostapd stop

Nb: pada baris iptables, di situ tertulis ppp0 karena saya menggunakan modem sebagai media sumber koneksi internet. jika anda menggunakan LAN sebagai sumber internetnya silahkan di ganti dengan eth0.

Simpan file tersebut dan kembali ke terminal, lakukan finishing dengan mengubah attribut file tersebut menjadi executable, dengan perintah seperti di bawah ini.

sudo chmod +x /usr/bin/linkstart

 

7. Jalankan Executor

Selesai…

Untuk memulai sharing internet via hotspot linux, kita tinggal buka terminal dan ketiikan linkstart dan tekan enter. Tadaaa… Sekarang ada hotspot di rumah anda.

 

Cukup sekian dahulu kawan, sekiranya dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tutorial seperti di atas. Tutorial ini ada karena kejadian yang sudah saya ceritakan di atas, jadi ingatlah kawan. Setiap masalah pasti ada hikmahnya, hueheueuhehe. #sokbijak

Artikel ini ditulis karena masih sedikit yang membahas tutorial ini dalam bahasa indonesia, yang banyak adalah versi bahasa inggris. Dan artikel ini di tulis berdasarkan beberapa refrensi yaitu [GUIDE] Making infrastructure wifi hotspot on ubuntu 12.04/12.10 dan Hostapd : The Linux Way to create Virtual Wifi Access Point.