Membuat Web Server : Enable Modul Rewrite Apache 2

Di tahun 2013 saya pernah menulis artikel tentang hal yang sama (kalau mau baca disini), yaitu cara enable modul rewrite apache 2 di ubuntu. Kali ini saya akan menulis ulang dengan cara yang cukup simple, hanay butuh 2 perintah saja, lebih simple dan cepat daripada artikel yang dahulu. Sekaligus artikel ini melengkapi postingan beberapa hari ini tentang Membuat Web Server.

Modul rewrite di apache 2 berguna untuk menghandle request url dan membuatnya menjadi lebih mudah dibaca. Hal ini juga mempengaruhi SEO lho, atau juga bisa disebut sebagai url yang SEO friendly. Di php, beberapa framework yang banyak yang menggunakan modul rewrite di apache ini, antara lain laravel dan codeigniter.

Tadi saya mau mencoba laravel, karena tahun kemarin saya berniat, setelah install ubuntu 14.04 saya mau belajar laravel, karena dulu di ubuntu 12.04 php nya belum support, haha. Nah karena lupa atau entah bagaimana, saya ternyata belum mengenable mod rewrite di apache saya, dan jadinya saat mencoba fitur route di laravel hasilnya not found. Karena terbesit kasus yang sama, serasa de javu. Ubek ubek stack overflow akhirnya ketemu solusinya, setelah ketemu solusi di stackoverflow lha kok teringat baha dulu pernah nulis hal yang sama, walah chip… ternyata pelupa !!. Emang.

Oke, langsung saja. Berikut ini adalah cara paling gampang untuk meng enable atau mengaktivkan modul rewrite apache di linux ubuntu. Karena secara default modul ini belum aktif di ubuntu.

Enable Modul

Cara meng enable modul mod_rewrite di ubuntu menggunakan perintah dibawah ini.

sudo a2enmod rewrite

Restart Apache

Kemudian restart apache untuk menerapkan perubahan konfigurasi yang baru saja kita ubah, menggunakan perintah di bawah ini.

sudo service apache2 restart

Setelah itu, penggunaan rewrite di .htaccess sekarang sudah bisa berfungsi dengan baik. Cukup sekian tutorial malam ini, saya mau lanjut belajar laravel lagi, walaupun mata sudah ngantuk.

Refrensi:

  1. http://stackoverflow.com/a/5758551/3086112