Komunitas Belajar GNU/Linux Indonesia Di Telegram

Pada tanggal 26 Februari 2016 saya dan teman teman dari grup telegram Pemula Ubuntu Surabaya membuat ulang grup diskusi di telegram, kami berikan nama Belajar GNU/Linux Indonesia dengan tujuan agar semua dari daerah di indonesia dapat bergabung. Tak lama kemudian grup PUS ditutup karena adanya serangan spam dari pengguna yang tidak bertanggung jawab (Namun sekarang telah lahir PUS yang baru).

Semenjak Telegram memiliki fitur Supergroup, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan upgrade ke supergroup, sehingga arsip percakapan dapat dibaca kembali (Arsip percakapan sejak menjadi supergroup dapat dibaca disini). Dan sekarang BGLI memiliki 11 Admin yang memoderasi percakapan di platform Telegram tersebut.

Selain Admin, di BGLI juga ada Bot cantik bernama Miranda. Miranda lah yang bertugas sebagai humas antara admin dan member lainya. Miranda memiliki beberapa command / perintah yang dapat digunakan oleh pengguna seperti !report untuk melaporkan post / chat spam, dan juga masih ada beberapa perintah lainya. Source code miranda juga dapat dijumpai pada repositori github BGLI di https://github.com/bgli.

Sampai postingan ini ditulis, member group telegram BGLI mencapai 2327 orang (termasuk miranda / bot). Statistik grup BGLI juga dapat dilihat melalui tautan berikut ini https://s.id/BGLIStat. Bagi kamu pengguna Telegram dan tertarik belajar GNU/Linux, silahkan join melalui tautan ini http://s.id/BGLI.

Dan jika kamu tertarik grup lain di telegram, bisa mampir ke sini, pada post tersebut terdapat kumpulan link grup penggiat IT dan pemrograman di platform Telegram.