Install PHPMyAdmin Tanpa Apache (Systemd Service)

PHPMyAdmin adalah salah satu mysql client GUI berbasis web yang sering digunakan oleh developer. Bahkan salah satu hosting manager cPanel juga menggunakanya, sehingga PHPMyAdmin sangat populer karena penggunaanya yang cukup mudah.

PHPMyAdmin dapat diunduh secara gratis dan di install di komputer dengan mudah, pada distribusi linux umumnya sudah tersedia di repo dan dapat kita install melalui aplikasi manajemen paket seperti apt, yum, dnf, dlsb.

Biar antimainstream, saya mencoba menggunakan service systemd untuk menjalankan phpmyadmin tanpa menggunakan httpd / apache2. Karena saya memang sudah jarang menggunakan webserver apache2 di komputer lokal, dan cenderung menggunakan built-in server dari masing masing bahasa pemrgoraman (nodejs,php,python).

Buat berkas .service

Buat berkas service systemd menggunakan teks editor favorit masing masing

sudo vim /etc/systemd/system/phpmyadmin.service

Isinya seprti berikut ini

[Unit]
Description=PHPMyAdmin + Systemd
After=network.target


[Service]
Type=simple
NonBlocking=true
ExecStart=/usr/bin/php -S 0.0.0.0:9000 -t /var/www/phpmyadmin
Restart=always

[Install]
WantedBy=multi-user.target

Catatan: /var/www/phpmyadmin adalah lokasi aplikasi phpmyadmin yang telah saya unduh dan saya taruh disitu, silahkan disesuaikan sesuai kondisi masing masing.
Catatan: Port yang saya gunakan adalah 9000, sehingga untuk mengaksesnya menggunakan alamat + port seperti ini : http://localhost:9000

Unduh dan Pasang PHPMyAdmin

Unduh PHPMyAdmin dari sini kemudian ekstrak dan letakkan di foler lokal, dalam kasus saya, berada di folder /var/www/phpmyadmin.

Jalankan service

sudo systemctl start phpmyadmin

Load Startup

sudo systemctl enable phpmyadmin

Status

sudo systemctl status phpmyadmin