Teman Kerja Baru Di Tahun Baru

Di tahun baru ini, akhirnya kesampaian beli teman kerja baru yakni Thinkpad X230. Sebetulnya enggak baru sih, second lebih tepatnya.

Thinkpad x230

Berawal dari kepingin upgrade RAM untuk asus jadul x45a yang saya beli sekitar tahun 2013, tapi ternyata maksimal hanya bisa dipasang 1 keping 4GB (Iya, slotnya cuman 1 doank) dan kebutuhan komputasi jaman now itu minimal 8GB, apalagi untuk koding pakai Android Studio. Mau tidak mau, akhirnya harus beli laptop yang upgrade-able.

Sebenarnya sudah lama mengincar laptop ThinkPad (baru) tapi lihat harganya udah berfikir ulang. Walhasil berburu laptop second. Berkat group telegram PegelThinkpad, akhirnya ketemu agan kiterunner (kaskus) yang berujung beli ke lapaknya :D. Setelah berdiskusi lama, tanya ini itu, minta pertimbangan pemilihan seri thinkpad akhirnya pilihan jatuh ke seri x230.

Install Ulang

Setelah sampai, langsung saya siapkan USB flashdisk yang sudah terpasang openSUSE Tumbleweed installer. Entah kenapa pengen nyoba sekali lagi pakai distro ini, sebelumnya sudah beberapa kali coba openSUSE tumbleweed tapi tidak berlangsung lama udah ganti lagi. Terakhir pakai CentOS di laptop asus gara gara kepingin install Davinci Resolve yang nyatanya tetep juga tidak bisa (Tapi di laptop asus masih pakai CentOS 7).

Alasan utamanya, ingin pakai OS yang up to date tapi dengan minim resiko dan minim oprek :D. Beberapa distro rolling release yang saya coba berbasis arch malah kadang bikin pusing. Pernah coba juga Solus OS tapi dukungan paketnya tidak terlalu lengkap. Lalu dulu sempat betah di Fedora (Non rolling release), walaupun paket paketnya up to date, tapi kalau untuk upgrade ke versi OS nya sedikit ribet dan versi rilisnya memiliki EOL yang cukup pendek (Laptop istri masih pakai Fedora 23 dan jarang diupdate :p).

Kesan

Kawan baru ini terkesan kokoh, tapi tetap ringan dibawa kemana mana. Layarnya juga tidak terlalu kekecilan walaupun berukuran 12.5 inch (Kebiasaan pakai 13.5inc ke atas). Keyboardnya enak dan empuk, sayang sekali dapet seri yang non backlit, kalaupun mau beli yang backlit harganya lumayan :D. Touchpad, trackpoint, trackpad membuat saya bisa lepas dari ketergantungan mouse eksternal (walaupun tidak senyaman touchpad nya macbook pro).

Oprek-Able

Laptop ThinkPad terkenal oprek-able (untuk seri seri lama). Untuk seri ini, ram bisa di upgrade sampai 16GB (masih nabung buat upgrade ram). Dan part part lainya juga banyak yang jual di toko online indonesia maupun internasional.

Itu dia, teman baru yang mungil tapi powerfull. Semoga langgeng :D